Tutorial Tips dan Trik Komputer Software Internet Android Game Blog Terbaru

Contact

Name

Email *

Message *

Fungsi Shortcut Keyboard Yang Sangat Berguna

Advertisement
Menggunakan shortcut pada keyboard tentu sangat membantu saat melakukan kegiatan di dalam komputer/laptop . Misalnya jika ingin meng-copy sesuatu biasanya kita menggunakan klik kanan > copy tapi cara itu terlalu lama jadi kita bisa menggunakan shortcut dengan menekan CTRL + C untuk mempermudah pekerjaan kita, berikut ini daftar fungsi shortcut keybord yang sangat berguna dan biasa digunakan.

Fungsi Shortcut Keyboard Yang Sangat Berguna

Fungsi Shortcut Keyboard Yang Sangat Berguna

Ctrl + C dan Ctrl + Insert
kedua shortcut ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyalin (copy) suatu file atau text, tapi jika anda tidak ingin meng-copy tapi memotong (cut) anda dapat menggunakan shortcut Ctrl + X

Ctrl + V dan Shift + Insert
Fungsi shortcut Ctrl + V dan Shift + Insert adalah untuk melakukan paste (menyisipkan) sehabis meng-copy

Ctrl + Z dan Ctrl + Y
Fungsi ini untuk membatalkan perubahan apapun, contohnya jika anda memotong sebuah text fungsi shortcut ini dapat membatalkan text yang sudah terpotong tadi kembali menjadi seperti semula, shortcut ini dapat di tekan beberapa kali untuk membatalkan beberapa perubahan yang terjadi, menekan Ctrl + Y akan mengulang undo.

Ctrl + F
Shortcut Ctrl + F digunakan untuk membuka Find dalam program apapun, Find biasa di gunakan untuk mencari sebuah text pada browser.

Alt + Tab atau Ctrl + Tab
Shortcut untuk berpindah pada program lain yang sedang terbuka
Tips: Tekan Ctrl + Tab untuk berpindah antar tab dalam sebuah program.

Tips: Menambahkan tombol Shift pada Alt + Tab atau Ctrl + Tab akan bergerak mundur. Misalnya, jika anda menekan Alt + Tab dan anda ingin kembali ke program sebelumnya tekan Alt + Shift + Tab

Tips: untuk pengguna Windows Vista dan 7  dapat menekan tombol Windows + Tab untuk berpindah  program yang sedang terbuka dengan tampilan yang keren.
Ctrl + Backspace dan Ctrl + Left atau Right
Shortcut Ctrl + Backspace dapat menghapus 1 baris kalimat pada Ms Word.

Ctrl + Left atau Right dapat digunakan untuk memindahkan cursor pada 1 kata bukan 1 huruf tapi 1 kata

Ctrl + S
Ketika sedang bekerja pada sebuah dokumen atau file di hampir setiap program, menekan Ctrl + S dapat menyimpan (save) file tersebut.

Ctrl + Home atau Ctrl + End
Ctrl + Home dapat memindahkan kursor ke awal dokumen dan Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir dokumen shortcut ini bekerja  dapat digunakan pada sebagian besar dokumen, dan halaman web.

Ctrl + P
Shortcut untuk membuka print preview dari halaman saat ini atau dokumen yang dilihat. Misalnya, tekan Ctrl + P sekarang untuk melihat print preview halaman ini.

Page Up, spasi, dan Page Down
Menekan tombol page up atau page down berfungsi seperti scroll pada mouse dapat memindahkan sebuah halaman ke atas dan ke bawah. Sedangkan tombol spasi dapat menggerakan halaman ke bawah

Ctrl + O
Memungkinkan anda untuk memilih dan membuka file dalam program saat ini. Ini dapat bekerja pada sebagian besar program termasuk browser internet.

F2
Shortcut F2 ini bisa digunakan untuk melakukan Rename (mengganti nama) sebuah file, shortcut ini sangat berguna dibandingkan dengan anda melakukan klik kanan > rename.

Itulah tadi beberapa fungsi shortcut keyboard yang sangat berguna untuk melakukan pekerjaan dengan komputer, sekian dari saya semoga bisa bermanfaat..
Advertisement
0 Komentar untuk "Fungsi Shortcut Keyboard Yang Sangat Berguna"

Silahkan Menulis Komentar yang Sesuai Topik dan Sopan Tanpa LINK aktif Iklan atau SPAM

Back To Top