Tutorial Tips dan Trik Komputer Software Internet Android Game Blog Terbaru

Contact

Name

Email *

Message *

Cara Merekam Layar Komputer/Laptop

Advertisement
Cara Merekam Layar Komputer

Cara Merekam Layar Komputer


Terkadang kita harus membuat atau merekam video suatu kegiatan yang ada di layar komputer kita, contohnya saja untuk persentasi, membuat tutorial, atau bahkan untuk merekam game..Saya teringat waktu saya sidang skripsi, sebelum sidang saya di suruh membuat video singkat tentang program skripsi saya, dan banyak juga teman-teman saya yang belum mengerti bagaimana cara merekam program skripsi mereka yang ada di laptop, oleh karna itu kali ini saya menulis tentang bagaimana cara merekam layar komputer.

Sebelum kita merekam kegiatan yang ada di dalam komputer atau laptop, kita harus mencari dulu software yang bisa digunakan untuk melakukan rekaman video tersebut.. Contoh softwarenya ada banyak, seperti camstudio, camtasia studio, atau fraps yang khusus untuk merekam game. Tapi kali ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana merekam layar komputer dengan camtasia studio.

Untuk mendownload camtasia studio kamu bisa cek situs resminya di sini : camtasia studio
atau kamu bisa search sendiri di google untuk yang full version..

1. Jika kamu sudah download dan instal softwarenya sekarang kamu tinggal buka camtasia studionya
2. Sekarang kamu klik "record the screen" yang ada di pojok kiri atas..
3. Setelah kamu klik maka tampilannya akan seperti di bawah ini (klik gambar untuk memperbesar) :
Penjelasan gambar :
1. Untuk mengatur sampai dimana layar akan di rekam
2. Untuk memilih merekam layar full screen atau custom, untuk custom bisa kamu edit dengan resolusi layar yang ingin kamu rekam
3. Untuk merekam webcam, jadi yang akan terekam layar komputer dan webcam (muka kita)
4. Untuk merekam suara yang keluar dari komputer kita
5. Tombol untuk mulai merekam
Jika sudah kamu setting apa saja yang ingin kamu rekam sekarang kamu tinggal klik tombol "REC" maka camtasia akan mulai merekam kegiatan yang ada di layar komputermu :
Seperti yang terlihat di gambar camtasia akan menghitung mundur dari 3 sampai 1 untuk memulai merekam, garis yang berwarna hijau adalah batas dimana layar akan di rekam, dan untuk menghentikan rekaman kamu tinggal tekan "F10"
Jika kamu sudah selesai merekam seperti yang terlihat di atas akan ada preview dari rekaman yang sudah kamu buat, dan penjelasan untuk menu yang saya kasih tanda merah :
1. Save and Edit = untuk menyimpan videonya dan meng-edit di camtasia, jadi software camtasia studio ini bukan hanya unyuk merekam video tapi bisa langsung di edit juga disana, tapi jika kamu tidak mau meng-edit kamu tinggal pilih tanda panah ke bawah yang berada di bawah tulisan Save and Edit lalu pilih Save as.
2. Produce = menu ini saya sendiri belum pernah coba, kalau tidak salah menu ini untuk mengshare video kita di internet.
3. Delete = sudah jelas kan ini untuk menghapus videonya tanpa di simpan.
Selesai sudah langkah-langkah bagaimana cara merekam layar komputer kamu bisa lihat contoh video yang sudah saya buat di baawah ini :
Contoh video:
Video yang saya buat ini adalah video tutorial sederhana tentang bagaimana menggunakan suatu program macro pada suatu game. Ok sekian dulu dari saya semoga bisa bermanfaat..
Advertisement
0 Komentar untuk "Cara Merekam Layar Komputer/Laptop"

Silahkan Menulis Komentar yang Sesuai Topik dan Sopan Tanpa LINK aktif Iklan atau SPAM

Back To Top