Tutorial Tips dan Trik Komputer Software Internet Android Game Blog Terbaru

Contact

Name

Email *

Message *

Pengertian dan Perbedaan Beberapa Jaringan Komputer

Advertisement
Kali ini saya akan menjelaskan pengertian dan perbedaan beberapa jaringan komputer seperti :
  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)
  • Internet
  • Wireless

Pengertian dan Perbedaan Beberapa Jaringan Komputer

Pengertian dan Perbedaan Beberapa Jaringan Komputer

Fungsi dari sebuah jaringan itu sendiri untuk menghubungkan berbagai perangkat  agar dapat berkomunikasi dan berbagi informasi, yang membedakan hanyalah cakupan wilayah atau area jaringan dan teknologi yang digunakan. Berikut ini pengertian dari LAN, MAN, WAN, Internet dan Wireless

LAN merupakan suatu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal, dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana, seperti menggunakan kabel UTP, Switch, Hub, Router, contoh dari jaringan LAN seperti perusahaan, sekolah, Warnet dan masih banyak lagi.

Kelebihan LAN
Kelebihan jaringan LAN lebih irit dalam pengeluaran biaya, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data lebih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal.

Kekurangan LAN
Kekurangan jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan yang sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

# MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih dari LAN, disebut Metropolitan Area Network karena jaringan komputer MAN ini bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer antar kota.

Kelebihan MAN
Kelebihan jaringan MAN ini adalah karena cakupan wilayah jaringan yang luas sehingga dalam berkomunikasi menjadi lebih efisien, dapat mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kekurangan MAN
Jaringan MAN ini akan lebih banyak menggunakan biaya dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

# WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan komputer yang lebih luas daripada jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan antar negara atau antar benua,  jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai jaringan  LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN, jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic yang ditanamkan di dalam tanah atau melewati jalur bawah laut.

Kelebihan WAN
Kelebihan jaringan WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari LAN dan MAN, pertukaran informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara ke negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan dapat mempermudah dalam hal bisnis.

Kekurangan WAN
Jaringan WAN membutuhkan biaya operasional yang lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat dan lama.

# Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah, internet merupakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

Kelebihan Internet
Pada jarigan internet jalannya komunikasi dan berbagi informasi dari antar jaringan akan menjadi lebih mudah, dapat menjadi sumber penyebaran ilmu pengetahuan, dan bisa juga ijadikan tempat untuk mendapat penghasilan.

Kekurangan Internet
Dengan luasnya jaringan internet tentu saja kejahatan di dunia maya atau cyber crim menjadi lebih luas juga, hal-hal negatif seperti pornografi menjadi lebih luas, dan dapat menyebabkan fitnah karena penyampaian informasi yang disalahgunakan.

# Wireless
Wireless merupakan jaringan komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel, media yang digunakan seperti gelombang infra merah, radio, microwave dan bluetooth. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi. wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN.

Kelebihan Wireless
Wireless lebih nyaman digunakan karena tanpa menggunakan kabel.

Kelemahan Wireless
Pada jaringan wireless transmisi data lebih lambat daripada pengguna jaringan dengan kabel, memerlukan keamanan yang ketat karena wireless mudah untuk di terobos.

Sumber : google
Advertisement
0 Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Beberapa Jaringan Komputer"

Silahkan Menulis Komentar yang Sesuai Topik dan Sopan Tanpa LINK aktif Iklan atau SPAM

Back To Top