Tutorial Tips dan Trik Komputer Software Internet Android Game Blog Terbaru

Contact

Name

Email *

Message *

Tips Mudah Browsing Internet Untuk Pemula

Advertisement
Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum mengerti menggunakan internet dan masih awam (pemula) di Indonesia ini. Oleh karena itu di sini saya akan berikan sedikit tips browsing menggunakan internet untuk para pemula atau orang-orang yang masih awam menggunakan internet. Untuk browsing di internet ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tips Mudah Browsing Internet Untuk Pemula

Tips Mudah Browsing Internet Untuk Pemula

Penulisan Alamat Situs Yang Mudah

Ketika anda ingin memasukkan alamat situs (url) anda tidak perlu mengetik http: // atau bahkan www. Sebagai contoh, jika anda ingin mengunjungi Facebook anda hanya perlu mengetik facebook.com dan tekan enter. Agar bisa lebih cepat, saat anda mengunjungi alamat situs .com anda dapat mengetik facebook kemudian tekan Ctrl + Enter maka alamat situs tersebut akan tertulis lengkap menjadi www.facebook.com

Tips Mengisi Formulir Online

Disaat anda mengisi formulir online, e-mail, atau teks lainnya anda dapat dengan cepat berpindah di antara masing-masing baris dengan menekan tombol Tab misalnya :
Nama : .............
Alamat : ...........
Email : ............
Setelah anda menulis nama jika anda ingin berpindah ke baris pengisian alamat anda cukup menekan tombol Tab, jadi anda tidak perlu melakukan klik pada baris yang ingin anda isi cukup dengan tombol Tab untuk berpindah baris isian
Tips: Saat mengisi kotak drop-down yang berisi daftar pilihan anda dapat menekan huruf pertama dari pilihan yang ingin anda pilih. Misalnya, anda ingin memilih nama kota Jakarta pada menu drop-down, anda cukup menekan tombol "J" untuk berpindah ke pilihan dengan huruf awal "J"

Mengetahui Shortcut Browser Internet Anda

  • Tekan Alt + D untuk memindahkan kursor ke address bar.
  • Tahan tombol Ctrl dan tekan + atau - untuk menambah dan mengurangi ukuran teks. Ctrl + 0 akan mengatur ulang teks.
  • Tekan tombol backspace atau tekan tombol Alt + panah kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  • Tekan F5 untuk melakukan refresh atau reload halaman web.
  • Tekan F11 untuk membuat tampilan browser anda ke mode full screen (layar penuh). Tekan F11 lagi untuk kembali ke tampilan normal.
  • Tekan Ctrl + B untuk membuka Bookmark (penanda) internet anda.
  • Tekan Ctrl + F untuk membuka kotak find untuk mencari sebuah teks dalam halaman web yang sedang anda buka/baca.

Manfaatkan Tab Browser

Saat melihat setiap halaman web jika anda menemukan link yang menarik bagi anda bukalah link di tab baru sehingga tidak mengganggu bacaan anda yang sedang anda buka. Sebuah tab baru dapat dibuka dengan menekan tombol Ctrl dan mengklik link atau dengan menekan tombol tengah scroll pada mouse anda untuk membuka link di tab baru.

Gunakan Search Engine (mesin pencari) Internet

Saat anda ingin mencari sesuatu di internet, cobalah menggunakan search engine seperti google atau yahoo, dan untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal usahakan menambah tanda kutip, misalnya anda ingin mencari tentang tips internet, jika anda menulis seperti biasa maka hasil pencarian tidak akan maksimal kata tips dan kata internet akan terpisah dan terkadang tidak sesuai dengan apa yang anda cari, jadi cobalah dengan mengetikkan "tips internet" maka hasil pencarian yang keluar akan lebih sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Coba Pakai Browser Lain

Sebagian besar pengguna komputer menggunakan browser default yang default yang sudah di pasang terlebih dahulu di komputer tersebut seperti Internet Explorer jika anda memakai windows. Ada banyak browser alternatif yang bisa di download dan memiliki fitur browser yang bagus contohnya.
  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Opera

Menginstal Plugin Dan Add-Ons

Semua browser yang saya sebutkan di atas juga memiliki banyak add-ons dan plugin yang dapat ditambahkan ke browser. Masing-masing browser memiliki ratusan ribu add-ons yang dapat melakukan hal-hal seperti seperti melihat cuaca saat ini, mengubah warna, dan menambahkan fungsi-fungsi tambahan lainnya.

Sekian tips dasar yang mudah untuk anda pengguna internet yang masih pemula, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda para pengguna internet yang masih tergolong baru atau pemula.
Advertisement
0 Komentar untuk "Tips Mudah Browsing Internet Untuk Pemula"

Silahkan Menulis Komentar yang Sesuai Topik dan Sopan Tanpa LINK aktif Iklan atau SPAM

Back To Top