Tutorial Tips dan Trik Komputer Software Internet Android Game Blog Terbaru

Contact

Name

Email *

Message *

Tips Melindungi Akun Sosial Media

Advertisement
Di posting saya kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk melindungi akun sosial media dari  hacker/cracker. Walaupun keamanan dari sebuah situs sosial media sangat ketat tapi tidak menutup kemungkinan bahwa akun anda dapat begitu saja berpindah tangan, sebelumnya ke bahasan berikutnya ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu apa saja metode yang di pakai cracker untuk membobol akun sosial media anda.

Tips Melindungi Akun Sosial Media Dari Hack/Crack

Tips Melindungi Akun Sosial Media Dari Hack/Crack

Ada beberapa metode yang biasa digunakan para cracker untuk mengetahui password dari sebuah akun, dan tiap metode tersebut memiliki tingkat kesulitan tersendiri dari yang mudah hingga sulit, berikut beberapa metode yang biasa di pakai para cracker untuk membobol password

Beberapa Cara Cracker Membobol Password

Fitur Lupa Password
Fitur lupa password ini sebenarnya sangat berguna untuk pengguna akun internet tapi yang jadi masalah fitur inipun dapat disalahgunakan, contohnya saja di facebook jika kita menggunakan fitur lupa password pasti kita di suruh mengisi alamat email akun tersebut dan jika kita lupa emailnya kitapun disuruh mengisi beberapa pertanyaan yang harus di jawab, pada metode ini para hacker/cracker pasti mencoba menjawab pertanyaan tersebut jika gagal mereka akan mencoba kembali tapi bukan di akun facebooknya melainkan di akun emailnya.

Keylogger
Keylogger ini berfungsi untuk menyimpan data yang di ketik di keyboard komputer/laptop seperti username dan password dan simpan dalam sebuah catatan, keylogger ini biasa digunakan oleh para cracker yang gak mau ribet mikir, toh tinggal pasang keylogger trus suruh pinjemin laptopnya ke orang yang ingin di hack akunnya

Poisoning
Poisoning ini adalah metode untuk meng-hack yang ada di dalam suatu jaringan LAN atau wireless, contohnya saja warnet. Hacker dapat melihat apa saja yang dilakukan client lain yang ada dalam satu jaringan tersebut, saya sendiri pernah mencoba metode ini dan hasilnya saya dapat melihat apa yang sedang dilakukan komputer lain misalnya komputer tersebut login facebook, email atau akun lain dan saya dapat melihat semua username dan password dari semua akun yang dia login (horor).

Phising
Nah kalo phising ini butuh modal hosting dan domain, jadi intinya si hacker membuat situs palsu yang sangat mirip dengan situs aslinya, dan di saat si korban login menggunakan situs tersebut tentu saja input yang korban masukkan seperti username dan password akan tercatat, metode ini biasanya dilakukan dengan mengirim email atau pesan ke korban yang berisi link ke sebuah situs palsu tersebut.

Brute Force
Brute Force ini metode untuk menebak password pada sebuah akun dengan cara melakukan beberapa kombinasi huruf A-Z dan kombinasi angka, sebenarnya cara ini jarang untuk meng-crack akun sosial media karena di tiap sosial media biasanya dibatasi untuk kesalahan login.

Setelah mengetahui apa saja yang biasa digunakan para cracker untuk membobol password sekarang saya akan memberikan Tips Melindungi Akun Sosial Media Dari Hack/Crack

Cara Mengamankan Akun Sosial Media Dari Hack/Crack

Jangan Terlalu Jujur
Di saat anda mendaftar sebuah akun sosial media atau akun apapun di internet sebaiknya anda jangan mengisi form registrasi dengan jujur, contohnya di facebook anda di minta untuk mengisi 2 pertanyaan keamanan beserta jawabannya, contoh "kota kelahiran anda?" pada pertanyaan tersebut jelas-jelas kita harus mengisi nama "kota" tapi klo kita isi kombinasi huruf dan angka terntu saja akan sangat sulit untuk di crack karena cracker pasti hanya akan fokus pada nama kota.

Kombinasi Password
Saat membuat password pada sebuah akun di internet sebaiknya anda menggunakan kombinasi huruf dan angka pastikan ada huruf besar dan kecil, contoh : AbCd12345

Tempat Anda Login
Saat anda ingin login sebuah situs sebaiknya anda menggunakan komputer/laptop pribadi, jika anda ingin login di warnet pastikan kalau warnet tersebut aman kalau bisa lebih baik di warnet yang sudah anda kenal, dan jangan sembarangan login menggunakan komputer/laptop orang lain, tidak menutup kemungkinan pemilik komputer/laptop tersebut punya dendam pada anda, hehehe..

Pastikan Anda Sudah Logout
Jika anda sudah selesai mengakses sebuah situs pastikan anda sudah logout dari dari situs tersebut apalagi jika komputer/laptop yang anda pakai biasa di pakai juga oleh orang lain.
Lihat Baik-Baik Alamat Situs
Sebelum anda ingin login pada sebuah situs lihat dulu baik-baik alamat/url situs tersebut, contoh : www.facebook.com sedangkan situs phising biasanya hampir menyerupai contoh : www.faceb00k.com.

Gunakan HTTPS
Saat mengakses sebuah situs sebaiknya anda gunakan awalan https:// karena semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet.

Di dunia ini tak ada keamanan yang sempurna pasti selalu saja ada celah yang bisa dipakai untuk membobol keamanan tersebut, karena itulah kita hanya dapat mencegahnya. Sekian dulu dari saya semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
1 Komentar untuk "Tips Melindungi Akun Sosial Media"

Silahkan Menulis Komentar yang Sesuai Topik dan Sopan Tanpa LINK aktif Iklan atau SPAM

Back To Top